Inspiratif, Seorang Mahasiswa Tunarungu Berhasil Jadi Sarjana di FBS UNP Melalui Karya Kaligrafi

0
1061
Metro Padang | Zaitul Rahmi mahasiswi penyandang disabilitas tunarungu berhasil menyelesaikan studinya pada Prodi Pendidikan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang. Zaitul Rahmi akan diwisuda pada September 2023 ini.
Zaitul lahir di Pulut-pulut (Pesisir Selatan) pada 13 Desember 2000 silam telah menyelesaikan Karya Akhir dengan judul “Ayat Fabbiayyiala Irrabikuma Tukadzibaann” sebagai Inspirasi Kaligrafi Kontemporer.
Karya akhir Zaitul dengan bimbingan Drs. Syafei, M.Ag. berhasil dipertahankan di depan penguji Drs. Irwan, M.Sn. dan Asra Ilal Khairi, S.Pd., M.Pd. Karya Akhir tersebut dinyatakan lulus ujian pada 13 Juli 2023 yang lalu.
Dekan FBS Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. mengucapkan selamat kepada Zaitul yang telah menyelesaikan studinya dan juga menanyakan pengalaman selama kuliah.
Pada kesempatan pertemuan dengan Dekan Prof. Ermanto, Zaitul Rahmi menceritakan bahwa terkadang kendala komunikasi dengan dosen tetapi ia sangat terbantu dengan teman-temannya yang membantu menerjemahankan dengan Bisindo yang ia ajarkan sendiri ke teman-temannya.
Zaitul Rahmi yang didampingi Mahmuda Aqidatul Izzati saat bertemu Dekan FBS UNP Prof. Ermanto mengatakan bahwa Mahmuda salah satu temannya yang selama kuliah membantu berkomunikasi.
Dekan FBS UNP Prof. Ermanto juga menyampaikan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendampingi Zaitul selama kuliah. Mahmuda sendiri menyebutkan ia dan Atiqah senang dapat mempelajari Bisindo dan membantu Zaitul Rahmi.
Anak ketiga dari tiga bersaudara ini menceritakan bahwa ia terinspirasi dari ayahnya yang juga pelukis kaligrafi. Hal itu disampaikan ketika menceritakan kisahnya kepada Wakil Dekan I FBS UNP, Dr. Havid Ardi, M.Hum. pada saat melengkapi proses pendaftaran wisuda.
Zaitul sendiri dapat lulus ujian TOEFL hanya dengan satu kali ujian sehingga ia telah melengkapi semua syarat wisuda. Dekan FBS Universitas Negeri Padang menyampaikan bahwa Zaitul merupakan sosok yang menunjukkan bahwa keterbatasan bukanlah penghalang kesuksesan.
“Semoga semua mahasiswa FBS UNP dapat menorehkan prestasi dan mengharumkan nama UNP dan keluarga,” tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini