Firdaus Ilyas Karateka Senior Sumbar Berikan Testimoni Inspiratif untuk Mencoblos Leonardy Harmainy pada PSU DPD RI, 13 Juli 2024 Mendatang

0
68

Metro Padang | Setelah politisi senior Partai Golkar Pessel, Saidal Masfiyuddin memberikan testimoni secara khusus terkait penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) oleh KPU Sumbar pada 13 Juli 2024 mendatang kepada sosok Leonardy Harmainy, SI.P, MH, Dt Bandaro Basa nomor urut 10, berikutnya diberikan Drs Firdaus Ilyas, MM, karate senior Ranah Minang. Firdaus mengungkapkan pengalaman langsung dalam pembinaan olahraga beladiri ini bersama Leonardy Harmainy yang akrab disapa Bang Leo.

Firdaus Ilyas, karateka DAN VII, yang juga pensiunan birokrat Kota Padang menceritakan tantangan dan keberhasilan Bang Leo dalam kepimimpinannya selaku pucuk pimpinan organisasi beladiri.

“Bang Leonardy adalah tokoh masyarakat Sumbar yang patut kita menangkan pada penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) oleh KPU Sumbar pada 13 Juli 2024 mendatang. Melalui Bang Leo, saya belajar banyak tentang pengabdian dan pentingnya kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat dalam menjalankan roda organisasi,” ujar Firdaus Ilyas, yang juga salah seorang Pendiri Forki Sumbar ini.

Firdaus yang kini menjabat Wakil Ketua Forki Sumbar yang saat ini dipimpin Andre Rosiade menyampaikan himbauan kepada para karateka dan Masyarakat Beladiri di Sumbar untuk memilih Leonardy Harmainy saat PSU DPD RI nanti.

“Sebagai senior karate, saya perlu mengingatkan peranan Shihan Leonardy Harmainy, Karateka DAN VIII, dalam memajukan karate dan beladiri lainnya di Sumbar. Saat Shihan Leonardy menjadi Ketua Forki Sumbar, pada PON Kaltim 2008, untuk pertama kalinya dalam sejarah Karate Sumbar, Tim Forki Sumbar mendapat Emas Pertama atas nama Martinel Prihastuti, ini berkat perjuangan Shihan Leonardy mendatangkan pelatih internasional dari Malaysia, Sensei Aripalagan, dan Sensei Saleh Alhabsi Pelatih Nasional, Mantan Atlit Dunia, melatih Tim karate PON Sumbar,” kata pria yang pernah menjadi Ketua Pengprov Lemkari Sumbar 3 periode kepada wartawan media ini, Rabu (26/6).

Lebih lanjut ia menceritakan bahwa sosok Leonardy Harmainy berperan aktif pada Kejurnas Perguruan karate Lemkari Tahun 2006, dimana dengan kewenangan yang dimiliki, Shihan Leonardy yang saat itu menjabat Ketua DPRD Sumbar mampu mengirimkan puluhan atlet duta Sumbar pada kejurnas Piala Wapres Yusuf Kalla di Jakarta, yang hasilnya Sumbar meraih Juara Umum 2 (dua), dari seluruh Indonesia, serta merebut Trophi Juara antar juara dari seluruh kelas perorangan, atas nama Atlit Yessy Maryance.

Kepercayaan masyarakat karate Sumbar terus berlanjut dengan memilih Leonardy Harmainy secara aklamasi menjadi Ketua Umum Forki Pengprov Sumbar. Firdaus lalu menjelaskan bagaimana sosok Leonardy tetap menjaga kekompakan masing-masing perguruan karate di Sumatera Barat, meski ego masing-masing perguruan karate yang berhimpun di Forki Sumbar cukup tinggi.

Firdaus bersama rekan seperguruan Lemkari di Sumbar juga selalu fokus mendorong dan memberikan pengabdian terbaik untuk pembinaan generasi muda Indonesia melalui perguruan Lemkari, tak pelak pada Kongres PB Lemkari di Gedung MPR-RI Jakarta, Kamis 20 Agustus 2020, Leonardy Harmainy terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PB Lemkari periode 2020-2024, yang pada periode sebelumnya juga menjadi anggota Dewan Guru PB Lemkari.

Terakhir, Firdaus Ilyas menyampaikan reputasi pembinaan prestasi para atlet karate oleh Leonardy adalah, di tengah kesibukannya sebagai Senator diakui para pembina perguruan karate lainnya di Indonesia. Betapa tidak dari hasil Kejurnas Pra PON gelaran PB Forki pada tahun 2023 lalu di Kalimantan Selatan, PB Lemkari terbanyak mendapatkan tiket ke ajang multiiven nasional, PON Aceh-Sumut, akhir tahun 2024 ini.

“Pemberdayaan personalia bidang-bidang organisasi adalah kunci untuk melahirkan atlet berprestasi. Buktinya 34 karateka perguruan Lemkari akan turun pada ajang PON 2024 mendatang yang terseleksi baik melalui Forki dan KONI di masing-masing provinsi se-Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Shihan Fir ini.

Lebih rinci Shihan Fir mengatakan, kepemimpinan Bang Leo di dalam menata kelola PB Lemkari sudah teruji, dimana dengan 34 atlet yang bertarung di PON 2024 nanti, PB Lemkari berjaya di rangking 3 dan tercatat perguruan karate terbanyak menempatkan atletnya dari 25 perguruan karate di bawah jajaran PB Forki.

Firdaus menambahkan pada bulan Mei 2024 lalu, 2 Orang atlet Lemkari memperkuat Tim karate Indonesia di Kejuaraan Karate Asean di Thailand, yang hasilnya sangat membanggakan PB Lemkari yakni dengan torehan mendapatkan 1 Emas dan 1 Perak.

Satu medali emas diraih atlet Karate Sumbar atas nama Zahratu Syifa. “Dengan prestasi yang luar biasa itu, sepantasnya masyarakat karate di Sumbar kembali memilih dan mencoblos Nomor Urut 10 di PSU DPD-RI, 13 Juli atas nama Leonardy Harmainy,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini