iklan

Metro Padang | Gunung api Marapi sepekan terakhir terus memuntahkan kolom abu dengan intenitas yang tinggi hingga Minggu, 15 Januari 2023.

PVMBG mengeluarkan status Waspada Level II. Larangan warga untukĀ  tidak mendekati kawasan puncak dengan radius 3 km.

BPBD Agam sengaja menempatkan personil untuk mengawasi dan memantau pergerakan warga di kawasan zona bahaya radius 3 km tersebut dengan personil khusus di jalur pendakian proklamator dalam wilayah kecamatan Canduang.

Infromasi dari Bambang Warsito, kepala BPBD Agam sesuai laporan personilnya di jalur pendakian Proklamator Minggu, (15/1) siang,Ā 
Juliar dan Hamzah, menginformasikan sepanjang Minggu, aktivitas di jalur pendakian proklamator sepi, tidak ada kegiatan pendakian dan aktivitas lain.

Disebutkan Bambang Warsito, “Aktivitas warga tetap berjalan normal, terutama kegiatan perkebunan dan aktivitas lain diluar radius 3 km yang ditetapkan. Warga tetap menjalankan kegiatan di kebun markisa yang membentang di sepanjang kaki gunungapi Marapi,” jelasnya.

Penempatan personil di jalur khusus pendakian tersebut, untuk memantau pergerakan warga, memberi sosialisasi dan meminta warga untuk mentaati himbauan PVMBG.
Kepala BPBD Agam itu menyebutkan, sesuai laporan pos pengamat Gunungapi Marapi PVBMG, aktivitas erupsi masih terus berlangsung hingga Minggu pagi,
Dengan ketinggian kolom berwarna hitam yang semakin tinggi. *

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini