Hari Ini, BPBD Damkar Bergerak Cepat Atasi Kebakaran Hutan di Dua Lokasi di Mentawai

0
445
Metro Padang  – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali melakukan pemadaman api. Yang mana kebakaran terjadi didua lokasi berbeda yakni di Desa Goisooinan Kecamatan Sipora Utara dan di Dusun Takuman Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan.
Kebakaran lahan ini terjadi di perkebunan warga setempat, hampir saja api semakin meluas, andai tidak ada penanganan cepat dari BPBD Damkar dan pihak UPT Dishut Provinsi Sumbar melakukan tindakan di lokasi kejadian bersama dengan masyarakat setempat.
Kelaksa BPBD melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Amir Ahmari menyebutkan, kebaran yang terjadi di Dusun Takuman Sioban 1 hektar lahan mengalami kebakaran hebat, termasuk menyusul selang satu jam di Dusun Kaliou Desa Goisooinan.
Di lapangan kita bergerak bahu membahu melakukan pemadaman dibeberapa titik api sehingga dipastikan benar benar sudah padam, kalau api masih ada nantinya bisa menimbulkan kebakaran kembali terjadi, ucapnya.
Ia mengatakan, bahwa penyebab terjadinya kebakaran, pemilik lahan sengaja melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, akhirnya api semakin membesar dan tidak terkendali, ungkapnya.
Kabid Kedaruratan dan Logistik juga tegas menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan tindakan pembersihan lahan dengan cara membakar, karena ini sangat berbahaya, apa lagi saat ini musim kemarau, ujar Kabid.
Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di dua lokasi berbeda, tidak ada kerugian yang ditimbulkan, namun ada beberapa tanaman yang ikut terbakar. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini