DPRD Mentawai Setuju Subsidi Layanan Kapal Cepat Antar Pulau

0
1821
Metro Padang – Kapal cepat antar pulau Mentawai yang akan melayani jalur pelabuhan Sikakap Kecamatan Sikakap hingga Pelabuhan Pokai Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara akan segera beroperasi setelah kerangka acuan kerja selesai disusun oleh Dinas Perhubungan Mentawai.
“Sedang dalam penyusunan kerangka acuan kerja. Kalau ini selesai akan dilelang melalui LPSE,” kata Kepala Dinas Perhubungan Mentawai, Tohap Martua Nababan pada Mentawaikita.com, Jumat (28/1/2022).
Lebihlanjut dikatakan Tohap, bila sudah selesai penyusunan akan keluar besaran tarif kapal antar pulau di setiap jalur yang akan dilalui.
“Untuk besar ongkosnya akan dikeluarkan setelah selesai disusun,” katanya.
Wakil Ketua DPRD Mentawai, Jakop Saguruk mengatakan DPRD menyetujui subsidi operasional kapal cepat antar pulau Mentawai sebesar Rp3 miliar guna mendukung layanan perhubungan Mentawai.
“Karena kapal cepat untuk antar pulau Mentawai ini penting bagi masyarakat sehingga DPRD Mentawai menyetujui subsidi operasionalnya tahun ini,” katanya.
Lebihlanjut dikatakan politisi Partai Golkar, meski layanan kapal cepat antar pulau beroperasi namun kapal milik Pemda Mentawai seperti KLM. Nade, KM. P Simasin dan kapal lainnya tetap beroperasi sekali dalam satu minggu untuk melayani masyarakat.
“Untuk kapal milik Pemda Mentawai yang sedang dikelolah pihak ketiga tetap beroperasi seperti biasa,” katanya.
Selain memberikan subsidi kapal cepat antar pulau, tahun ini DPRD Mentawai menyetujui subsidi kapal cepat Mv. Mentawai Fast yang melayani rute Padang-Mentawai sebesar Rp3 miliar untuk mempercepat akses masyarakat yang berangkat dari Mentawai ke Padang atau sebaliknya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini