Gubernur motivasi generasi muda Alahan Panjang jadi pemimpin dan ulama

0
595
bebi

Metro Padang.com -Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi memberikan motivasi kepada anak-anak Alahan Panjang yang wisuda tahfidz untuk menjadi pemimpin atau ulama guna memajukan daerah.

“Wisuda perdana tahfidz adalah kegembiraan karena telah lahir generasi muda penghafal Alquran yang nanti akan menjadi pemimpin atau ulama,” kata Mahyeldi saat menghadiri acara peresmian dan Wisuda Tahfiz Perdana Pondok Tahfiz Surau Tauhid di Nagari Alahan Panjang Kec Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Minggu (26/12/2021).

Ia meminta anak-anak yang telah diwisuda untuk menambah hafalannya hingga 30 juz, menguasai bahasa Arab dan kitap hadist agar memiliki keilmuan yang kuat.

Mahyeldi juga berpesan pada orang tua dan pemerintahan nagari untuk terus memberikan motivasi, kalau perlu memberikan reward kepada anak-anak yang bisa menambah hafalannya.

“Kalau perlu lengkapi ekosistem yang telah sangat baik ini dengan program pendukung seperti magrib mengaji atau sholat berjamaah agar semakin banyak generasi muda yang menjadi penghafal Alquran,” katanya.

Lebih jauh Mahyeldi menganjurkan bagi masyarakat petani Alahan Panjang untuk mulai mengurangi pemakaian pupuk kimia dan beralih pada pupuk organik. Selain efisiensi harga juga akan membantu penyelamatan lingkungan dalam jangka panjang.

“Daerah ini adalah salah satu sentra pertanian. Diharapkan ke depan bisa menjadi pusat pertanian organik,” katanya.

Ketua Yayasan Naime Hilmaya Nusantara mengatakan lembaga itu adalah organisasi bergerak di bidang sosial pendidikan dan keagaamaan untuk memberikan kebaikan kepada masyarakat.

Ikut hadir dalam acara itu Camat Lembah Gumanti, Zulbakti, Wali Nagari Alahan Panjang Zulkarnaini, dan Kepala pondok Tahfiz surau tauhid.*

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR
[15.09, 26/12/2021] Budi Humas Pemprov: Geowisata Pincuran Puti bakal jadi andalan Kabupaten Solok

Geowisata Pincuran Puti yang mengandalkan konsep alami dengan eko building diyakini akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Solok terutama bagi wisatawan minat khusus.

“Sekarang tren wisata sudah berubah. Wisatawan tidak lagi mencari tempat terkenal yang besar dan berada di dekat jalan raya. Banyak wisatawan saat ini mencari destinasi baru. Karena itu desa wisata menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meresmikan Geowisata Pincuran Puti di Talang Babungo Kabupaten Solok, Minggu, (26/12/2021).

Ia menilai apa yang telah dimulai oleh masyarakat Talang Babungo dengan memanfaatkan bentang alam menjadi destinasi yang alami sangat luar biasa. Harus diakui masih ada beberapa kekurangan. Di situlah peran pemerintah dibutuhkan untuk memberikan dukungan.

Audy menyebut mini zoo, APV, flying fox dan glamping bisa menjadi pendukung yang tepat. Ia meminta Dinas Pariwisata, Dinas Peternakan dan Dinas Kehutanan Sumbar untuk bisa memberikan dukungan nyata.

“Karena masyarakat sudah memulai, maka kewajiban pemerintah untuk mendukung,” kata Audy.

Lebih jauh ia mengingatkan kunci wisata adalah kebersihan dan pelayanan. Dua hal itu harus benar-benar diperhatikan. Pengelola wajib menyediakan tempat sampah agar lingkungan selalu terlihat bersih.

Demikian juga pelayanan. Jangan sampai ada aksi premanisme yang akan mencoreng kenyamanan destinasi hingga tidak akan didatangi wisatawan lagi.

“Ke depan, ini harus masuk nominasi desa wisata sehingga lebih dikenal lagi secara lebih luas,” katanya.

Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu mengatakan Pemkab Solok juga akan memberikan dukungan terhadap destinasi wisata yang patut menjadi salah satu unggulan itu.

“Kami yakin Geowisata Pincuran Puti di Talang Babungo ini bisa menarik minat wisatawan hingga mancanegara,” katanya.

Ikut hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi, P3E Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, Ir. Ade Edward Inisiator Geopark Ranah Minang /Pakar Geopark Sumatera Barat (Tim Geopark Sumatera Barat), Osronita KepalanPuslitbang Geopark dan LH Univ. Tamansiswa Padang, Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sumatera Barat
LSM Sahabat Alam dan Pemuka Masyarakat Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok.*

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini