bebi

Metro Padang | Untuk memastikan keamanan dan kelancaran saat malam misa Natal, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Forkopimda Sumbar meninjau sejumlah Gereja dan Pos Pengamanan yang berada di Kota Padang, Minggu (24/12).

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH bersama-sama ikut mendampingi Gubernur meninjau Gereja ST. Fransiskus dengan menggunakan bus dari Polda Sumbar.

Selanjutnya, menuju Gereja GPIB depan kantor BRI, kemudian menuju Pos Pam Simpang Karya, serta menuju Gereja Katederal dan Pos Pam yang berada di depan gereja tersebut.

Ini bertujuan agar tercapainya keamanan pelaksanaan malam misa Natal di wilayah hukum Polda Sumbar berjalan lancar.

“Hasil pemantauan perayaan Natal yang kita lihat di tempat peribadatan pada malam hari ini bersama Forkopimda merasa bahagia, dan menyatakan situasi dan kondisi dalam keadaan aman,” katanya.

Dengan memberikan rasa aman tersebut kata Kapolda, membuktikan bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam bentuk kegiatan apapun.

Dirinya juga telah mengecek para Kapolres di jajarannya, untuk memantau situasi terkini terkait pengamanan saat malam natal.

“Kami juga sudah konfirmasi dan juga unsur Forkopimda tingkat 2 Kabupaten Kota yang juga melaksanakan kegiatan yang sama pada malam ini, semuanya aman dan kondusif,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus siaga, memonitor dan memberikan pengamanan optimal dari pagi hari.

“Ini rangkaiannya sampai tahun baru, seperti tahun lalu. Maka dari itu kami meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Sumatera Barat untuk mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Kapolda.

Terkait pengamanan tersebut, pihaknya telah melakukan rangkaian kegiatan pengamanan, mulai dari sekitar sebulan yang lalu hingga mendekati pelaksanaan malam natal.

“Sampai H-1 kita melaksanakan sterilisasi gereja, sterilisasi tempat-tempat ibadah umat nasrani. Sampai malam ini kita sudah lakukan ploting pengamanan terbuka maupun tertutup,” ungkapnya.

(mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini