bebi
 Metro Padang – Pemerintah Kota Padang menerapkan Kartu Pemerintah Daerah Domestik (KKPD) dalam pengelolaan keuangan daerah.
Pemimpin Divisi Dana dan Treasury Bank Nagari Kantor Pusat Roni drian menyerahkan secara simbolis KKPD kepada Pemko Padang yang ditrima langsung Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin (11/9/2023).
Andree Algamar menuturkan penggunaan KKPD merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk
Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
“Penggunaan KKPD merupakan hal yang baru dalam pengelolaan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Oleh karena itu, Pemerintah Kota Padang memilih penerapan
KKPD ini secara bertahap melalui pilot project di beberapa SKPD yang penatausahaan keuangan dianggap paling baik,” katanya.
Pemerintah Kota Padang juga telah menetapkan Peraturan Wali Kota Padang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Cara Penggunaan Kartu Kredit Pemda untuk Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
Andree mengungkapkan dengan adanya penggunaan KKPD dalam sistem pembayaran transaksi keuangan daerah diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan aparatur daerah.
Kemudian efisiensi belanja daerah semakin meningkat, penghematan anggaran, mengurangi kebocoran belanja daerah.
“Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi
kepada Bank Nagari dan Bank Mandiri yang hari ini telah menyerahkan KKPD kepada Pemerintah Kota Padang,” pungkasnya.
Saat ini, KKPD ini diterapkan pada lima OPD, yakni Badan Pemeriksa Keuangan
dan Aset Daerah (BPKAD), Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Pemerintahan
Kecamatan Padang Timur.
“KKPD dapat digunakan untuk pembayaran Alat Tulis Kantor, tiket pesawat, sewa
hotel, jamuan makan, pemeliharaan, sewa kendaraan, e-commerce, tagihan listrik PLN
dan lainnya. Nanti akan berlanjut untuk OPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Padang,” ucapnya.
Turut hadir dalam acara itu Inspektur Arfian, Asisten Administrasi Umum Corri Saidan, Kepala BPKAD Raju Minropa, Sekretaris Bappeda Alfian, Sekretaris Dinas Kominfo Titin Masfetrin, Camat Padang Timur Siska Meilani, Pemimpin Divisi Dana dan Treasury Bank Nagari Kantor Pusat Roni Edrian, Area Head Bank Mandiri Area Padang Oktriza dan Pimpinan Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang Hendri Masri. (al)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini