Ka. BWSS V, Muhammad Dian Al”Maaruf Buka Festifal Batang Lawas Sirukam

0
1262

Metro Padang.com. Ditengah udara pagi yang sejuk pada hari libur nasional 1 Muharram 1445 H atau tepatnya 19 Juli 2023, terdengar Pekik bergema “Kita jaga alam, alam jaga kita” dari arah sebuah nagari di wilayah Kabupaten Solok, yaitu Nagari Sirukam.

dari pantauan metropadang, Rupanya dilokasi tersebut sedang diadakan sebuah Acara yang diadakan oleh Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS Batang Lawas Sirukam) yaitu berupa Festival Batang Lawas Sirukam dengan berbagai kegiatan berupa kegiatan Tanam Pohon (rencana akan ditanam seribu pohon, yang terdiri dari Durian, Alpukat, Jambe, dan lain lain), tebar bibit ikan, dan tentunya bersih bersih sungai serta kegiatan “Malamang” yang merupakan bukti dukungan dari para Bundo Kanduang di daerah tersebut.

Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala BWS Sumatera V Padang Mochammad Dian Alma’ruf, dan dalam sambutannya Dian menyampaikan bahwa kegiatan ini jangan berhenti sampai disini karena Jika hasil dari kegiatan hari ini dirawat dan di pelihara dengan baik maka hal ini bisa menjadi peninggalan yg bermanfaat untuk kita dan generasi generasi setelah kita. Dian menyampaikan bahwa Pihak BWS yakin hal ini bisa dilaksanakan dengan baik Oleh pihak penyelenggara yaitu KMPS Batang Lawas Sirukam, karena KMPS Batang Lawas Sirukam adalah salah satu KPS di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki potensi serta keinginan yg besar dan didukung oleh seluruh lapisan Masyarakat diNagari Sirukam untuk menjaga sumber daya alam di lingkungannya. Sehingga BWS Sumatera V atas nama Kementerian PUPR tidak segan memberikan dukungan untuk memfasilitasi dalam mendapatkan legalitas ke notaris, menyertakan dalam kegiatan study banding ke KPS di Batang Agam Payakumbuh yang telah lebih dulu dipandang berhasil dalam pengelolaan, dan melakukan Pendampingan Persiapan penyelenggaraan Festival tersebut.(jlh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini