Dua Nagari di Pesisir Selatan Terpilih Menjadi 100 Desa Wisata di Indonesia

0
1260

METROPADANG.COM | Sebanyak dua desa di Pesisir Selatan terpilih menjadi 100 desa wisata di Indonesia, yakni Desa Wisata Ampiang Parak Kecamatan Sutera dan Desa Wisata Sungai Nyalo Koto XI Tarusan berdasarkan rilis Kementerian Pariwisata RI. , Kamis (23/5).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Suhendri mengatakan, masukan dari dua desa wisata di Pesisir Selatan patut diapresiasi.

“Ada lebih dari 75 ribu desa di Indonesia, dua desa wisata kita masuk nominasi 100 besar,” ujarnya.

Menurut Suhendri, hal ini berkat kegigihan manajemen dalam memberdayakan masyarakat setempat dan upaya kreatif yang mereka bantu bangun.

“Kami melihat 2 desa wisata ini mampu menunjukkan jati dirinya sehingga memiliki nilai tersendiri,” ujarnya.

Kedua desa wisata tersebut akan disaring menjadi 50 desa wisata nasional. Doakan sukses, kata Suhendri.

Desa Ekowisata Berbasis PRB Nagari Amping Parak dikatakan telah lama mengedukasi warganya untuk memanfaatkan lingkungan untuk pencegahan dini bencana.

Sekaligus mampu meminimalisir komersialisasi telur penyu. Bahkan, mereka rutin memantau penetasan penyu dan pelepasan tukik.

“Lahan gersang di sepanjang pantai menjadi daya tarik bagi penyu untuk bersarang, sehingga kami menanam pohon pinus dan mengedukasi warga untuk mencintai lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Desa Wisata Sungai Nyalo juga terus memperkuat basisnya agar manfaat pariwisata dapat dirasakan oleh seluruh warganya.

“Perekonomian sedang berkembang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempromosikan pariwisata, yang juga bermanfaat bagi perekonomian,” kata Alessandro Satri, pengelola desa wisata Sungai Nyalo.

Senada dengan itu, Ressi Amra, mantan Pj. Walinagari Sungai Nyalo mengatakan, pada tahun 2023 akan diterbitkan Peraturan Nasional Bumdes Pariwisata.

“Pernag membantu meningkatkan perekonomian warga sekaligus membangun kesadaran pariwisata,” kata Ressi. (MP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini