bebi
Payakumbuh – Wali Kota Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku diundang oleh perangkat nagari yang ada di Kecamatan Pelupuh dan Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam sebagai narasumber dalam acara silaturahmi Adat Niniak Mamak Nan 100 Dikato, Kamis (24/2).
Di dua kantor wali nagari, yakni Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah dan Nagari Salareh Aia Palembayan, Riza Falepi sengaja diundang untuk memaparkan bagaimana Pemko Payakumbuh dalam memperhatikan lembaga adat di daerah.
“Untuk melestarikan adat istiadat, Pemko menganggarkan di APBD, dan mensupport dengan Peraturan Daerah (PERDA) Kota Payakumbuh No. 25 Tahun 2016 Tentang Pelestarian Dan Pengembangan Adat Di Nagari,” kata Riza didampingi Sekretaris Disparpora Doni Saputra.
Riza menyampaikan, untuk melestarikan adat budaya secara prinsip butuh dukungan dari setiap pihak, tidak bisa satu atau dua saja, artinya mulai dari niniak mamak, bundo kanduang, pemuda parik paga nagari, hingga pemerintah satu langkah dalam sinergi membangun nagari dan daerah.
“Kami menganggarkan untuk KAN berkegiatan melalui APBD, anggaran itu juga ada untuk Bundo Kanduang dan LKAAM Kota. Di samping itu juga ada pembiayaan acara batagak panghulu, dan fasilitasi lainnya. Kami juga sering menggelar pelatihan adat dan budaya bagi generasi muda,” jelasnya.
Ditambahkan Riza, kedepan Pemko juga akan membuat pusat literasi adat di Kota Payakumbuh, berlokasi di Eks Kantor Wali Kota Bukik Sibaluik.
Usai mendengarkan pemaparan Riza Falepi, puluhan niniak mamak yang ada di Kecamatan Palupuah dan Palembayan menyampaikan apresiasi atas langkah konkrit yang dilakukan Pemko Payakumbuh, ditambah pembangunan dan penataan kota yang begitu bagus dilakukan Wali Kota Riza Falepi.
“Bisa kita lihat sendiri, di tangan Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku, Kota Payakumbuh terlihat mencolok, elok, dan indah. Kami juga kaget mengetahui apalagi ada pula anggaran untuk KAN dari Pemerintah setiap tahunnya,” kata Ketua KAN Pasia Laweh E. Dt. Parpatiah Nan Sabatang dan Ketua KAN Salareh Aia Asril Dt. Rang Kayo Mulia.
Sementara itu, Wali Nagari Pasia Laweh Zul Arfin Dt. Parpatiah dan Wali Nagari Salareh Aia Iron Maria Edi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Riza Falepi atas kedatangannya sebagai narasumber dan bersilaturahmi ke daerah mereka.
“Kami selaku perangkat nagari memfasilitasi pertemuan hari ini antara niniak mamak dengan Wali Kota Payakumbuh untuk saling berbagi informasi. Semoga silaturahmi tetap terjaga,” kata kedua wali nagari tersebut. (Hms/mp)
moris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini