bebi
Metro Padang – Setelah menata Pasar Raya Padang dan pasar lainnya sebagai sentral perdagangan bagi masyarakat, tahun ini Pasar Belimbing yang bakal diperancak.
Atas nama Pemko dan warga Kota Padang, kita menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pak Andre Rosiade yang terus berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumbar dalam hal ini khususnya Kota Padang.
Hal itu diungkapkan Wali Kota Padang tersebut sewaktu meninjau Pasar Belimbing, Kuranji bersama Anggota DPR RI dapil I Sumbar Andre Rosiade, Minggu siang (20/2/2022).
Alhamdulillah, beliau telah memfasilitasi pembangunan fase III Pasar Belimbing dengan dukungan APBN sebesar Rp 4 Miliar dari Kementerian Perdagangan. Insya Allah selesainya diperkirakan Oktober mendatang. Semoga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” ungkap Wali Kota didampingi Kadis Perdagangan Andree Algamar.
Pada saat yang sama Andre Rosiade menyebutkan, Pasar Belimbing adalah satu dari sejumlah pasar yang pembangunannya difasilitasinya di Sumbar. Dimana sebelumnya tahun 2010 telah dibangun dua pasar di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Selanjutnya tahun 2021 juga dibangun Pasar Pematang Panjang di Kabupaten Sijunjung.
“Alhamdulillah, tahun ini juga sudah dipastikan akan dilakukan revitalisasi bagi Pasar Belimbing dengan membangun sebanyak 24 kios dan 66 hamparan untuk menghadirkan pedagang baru di pasar tersebut. Semoga Pasar Belimbing ini menjadi pasar yang lebih representatif dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.
Anggota Komisi VI DPR RI tersebut juga membeberkan kepastian pembangunan Pasar Belimbing tersebut menyusul terbitnya Permendag Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penugasan Bupati/Wali Kota Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan/Revitalisasi Sarana Perdagangan Berupa Pasar Rakyat dan Gudang Non Sistem Resi Gudang yang Didanai Melalui Dana TP Pembantuan APBN TA 2022.
“Pasar Belimbing memang layak dibangun, apalagi pernah terbakar dan pembangunannya sekarang juga tersendat. Kami memastikan pembangunannya dengan langsung bertemu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Jakarta beberapa waktu lalu. Proposal yang disiapkan Dinas Perdagangan Kota Padang langsung diakomodir oleh Mendag,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.
Dalam kesempatan itu juga tampak hadir Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman dan sejumlah Anggota DPRD Kota Padang diantaranya Mastilizal Aye, Musni Zen dan Manufer Putra Firdaus. Juga hadir Lurah dan elemen masyarakat setempat. (mp)
moris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini