Tercatat, 41 Warga Mentawai Terserang DBD Selama Januari Ini

0
758
Metro Padang –   Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan selama Januari, tercatat 41 warga Sipora Utara terjangkit DBD. Sebanyak 8 diantaranya dirawat di RSUD Mentawai dan 33 lainnya sudah sembuh.
Untuk mencegah DBD, Lahmuddin mengimbau warga membersihkan lingkungan tempat tinggal terutama dari air tergenang yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti pembawa demam berdarah.
“Lakukan gerakan pembersihan sarang nyamuk Aedes aegypti dengan cara: pertama menguras bak mandi untuk membersihkan dan sekaligus membuang telur nyamuk yang menempel pada dinding wadah air, lakukan secara rutin untuk memutus siklus hidup nyamuk,” katanya Minggu (30/01/2022).
Langkah kedua menutup tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk. Dan langkah ketiga memanfaatkan barang-barang bekas, selanjutnya lakukan gotong royong kebersihan lingkungan, dan tidur pakai kelambu.
Sementara upaya mengatasi DBD, Dinas Kesehatan Mentawai  melakukan fogging namun upaya itu hanya dapat mematikan nyamuk dewasa, bila tempat sarang nyamuk tidak dibersihkan, upaya memutus mata rantai penularan DBD masih belum tercapai.
“Dalam memutus mata rantai penyebaran penularan nyamuk Aedes aegypti sangat dibutuhkan sekali kesadaran dan kerjasama masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membersihkan lingkungan rumah dan sekitar pekarangan rumah dari genangan air,” ucapnya. (mp/rul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini