bebi
Payakumbuh -Wali Kota Riza Falepi sangat menyukai pelestarian lingkungan, bahkan sering dijumpai wali kota dua periode itu memimpin penanaman pohon di ruang terbuka mulai dari di perkantoran, taman kota, hingga lingkungan sarana olahraga.
Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke 51 serta juga Bulan Desember adalah bulan menanam dan Hari Bela Negara, maka Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan menanam bersama masyarakat bertema Payakumbuh Menanam, Payakumbuh Lestarikan Alam.
Kepala Dinas LH Kota Payakumbuh Devitra didampingi Kabid Penataan Yuferdi saat gotong royong bersama dalam program Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan Anda (Jumpa Berlian) di Kawasan Batang Agam, Jumat (10/12), mengatakan Pemerintah Kota menyediakan sekitar 10.000 bibit, ada pohon pelindung dan pohon produktif.
“Pohon pelindung akan ditanam oleh pemko bersama-sama, dan pohon produktif akan diberikan kepada masyarakat secara gratis mulai Senin (13/12) besok,” kata Devitra.
Dijelaskannya, masyarakat bisa mengajukan permohonan bantuan bibit pohon produktif seperti rambutan, matoa, sirsak, durian, dan nangka ke Pemerintah Kota Payakumbuh Cq. Dinas Lingkungan Hidup. Pemko membuat counter permohonan bibit pohon ini di Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk memfasilitasi masyarakat.
“Silahkan masyarakat mengajukan permohonan sesuai ketersediaan bibit. Kita menyediakan sekitar 7000 batang. Nanti surat permohonannya dibawa ke MPP, lalu nanti tinggal menunggu bibit diberikan oleh petugas Dinas LH, jumlah bibit yang bisa diterima ditentukan oleh Pemko,” kata Devitra.
Devitra juga menyampaikan pada 19 Desember 2021 bakal dilaksanakan penanaman serentak di Jalan Lingkar Utara dan Lingkar Selatan, Jalan SMKN 4 Payakumbuh, sekolah-sekolah, dan mesjid-mesjid.
“Mari kita menyambut HUT kota dan hari bela negara dengan melestarikan lingkungan, menanam pohon produktif yang bernilai ekonomis dan manfaatnya sangat banyak, itu akan kita dapatkan di hari esok,” pungkasnya. (Hms/mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini