Info Terkini, Capaian Vaksinasi Covid-19 di Pessel Sudah 65,6 Persen

0
917
Metro Padang – Capaian vaksinasi per tanggal 26 Desember 2021 di Kabupaten Pesisir Selatan masih 400.088 orang. Angkka ini baru mencapai 65,6 persen dari target 70 persen yang direncanakan. .
“Capaian vaksinasi masih di anggka 65,6 persen. Karena itu, kita akan terus menggiatkan vaksinasi ini untuk mencapai target 70 persen hingga akhir tahun,” jelas Dailipal, Sektretaris Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pessel, Senin (27/12) di Painan.
Dalam mengejar target itu, dibutuhkan totalitas semua pihak untuk mengajak dan mendorong masyarakat yang belum divaksin agar segera mengikuti vaksinasi.
Pemerintah telah melakukan berbagai langkah dan upaya demi keselamatan kesehatan masyarakat secara nasional agar Pandemi Covid-19 berakhir. Sehingga, status Pandemi itu akan berubah menjadi Endemi.
“Untuk langkah-langkah yang sudah dilakukan, tim kita dibantu TNI dan Polri sudah bergerak secara mobile. Mereka melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah, berpindah dari satu dari satu nagari ke nagari lain. Bahkan, vaksinasi juga digelar siang dan malam,” tuturnya.
Untuk pemenuhan target tersebut, Aparatur Sipil Negar (ASN) di Pesisir Selatang diminta keaktifannya untuk mengajak masyarakat atau tetangga maupun anggota keluarga yang belum divaksin untuk divaksinasi.
Minimal, tiap ASN harus membawa lima orang untuk divaksin. Langkah tersebut perlu dilaksanakan mengingat capaian vaksinasi yang masih belum mencapai target.
Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska menegaskan peranan ASN untuk membantu pemerintah mensukseskan prgram pemerintah dalam hal vaksinasi sangat diperlukan.
Pasalnya, jika target tidak terpenuhi, maka dampak lain yang bakal terjadi adalah pemotongan terhadap DAU dan DAK serta DD. Selain itu, Dana Insentif Daerah juga tidak dapat diterima.
“DAU, DAK maupun DD kita akan dipotong. DID tidak dapat dterima juga, kalau capaian vaksinasi  dosis 1 kita masih dibawah 70 persen hingga 31 Desember 2021,” tambahnya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini